Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi)
yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,
visi, ide, teman,
keturunan, dll.Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam
menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat
keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.dalam bentuk yang paling
sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan
antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk
menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini
sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai
titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
-
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk
dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan
oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam
dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs
jejaring sosial).
A.Macam
macam jejaring sosial:
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial
populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto,
musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini
terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005,
News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi
berpindah tangan menjadi milik News Corporation.



2.
Friendster
Friendster, yang ide penamaannya
berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana
seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya
untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga
dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita,
selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya. http://www.friendster.com
3. Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring
sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring
sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia
(sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam
browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang
juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya
memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.


Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya. http://www.friendster.com
3. Hi5


4. Facebook

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4. Twitter

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
5. Linked In
LinkedIn
adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan
untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari
14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang
ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006
6. FUPEI

7. Bebo

Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
“Bebo” adalah kependekan dari “Blog early, blog often”.
8. Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
9. Yahoo!
Meme
Sudah tahu-lah siapa yang membuat
situs jejaring ini. Yahoo! Yap, Yahoo! merilisnya merilisnya pada bula Agustus
2009. Yahoo! Meme atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak
memiliki arti khusus. Namun, istilah “meme” di web dikenal sebagai sesuatu yang
menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang.
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul “The Selfish Gene” karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata “meme” menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama “Meme” tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul “The Selfish Gene” karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata “meme” menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama “Meme” tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
10. Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs
jejaring sosial yakni Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa
saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan
salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika
anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS
tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat
melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
11. Tumblr
Tumblr, asing kan ? Saya saja baru
dengar.hehe. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba.
Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah
memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David
Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting
dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
12. Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang
dengar dan pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei
2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk
sendiri merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk
memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni
plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan
bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan
berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting
seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
B.Dampak positif dan negatif jejaring
sosial
Dampak positif:
a.Sebagai media penyebaran informasi
Informasi yang up to date sangat mudah menyebar
melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah
kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah
bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang
ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.
b.Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan
sosial
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan
kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca
persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak
ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
c.Memperluas jaringan pertemanan
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa
berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal
sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk
menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah
masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang.
Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau
video call yang disediakan di situs jejaring sosial.
Dampak negatif:
aKejahatan dunia maya (cyber crime)
Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula
kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime.
Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking,
cracking, phising, dan spamming.
b.Melemahkan dan menurunkan sensitifitas
Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah
menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan
jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam
didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi
disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia
maya.
Kesimpulan: suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi)
yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,
visi, ide, teman,
keturunan, berfungsi
sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya.i
Nama:Verra
nurmalasari
Kelas:2PA02
Npm :18511389
jejaring-sosial/
No comments:
Post a Comment